Cara Optimasi SEO YouTube yang Terbukti Ampuh

By: rianda 3 min read

Cara Optimasi SEO YouTube

Sama halnya dengan Google, YouTube kini telah menerapkan sistem posisi untuk pencarian sebuah video. Jika melihat banyaknya pengguna dan video yang ada di YouTube, maka bisa disimpulkan bahwa persaingan tidak akan mudah. Namun, dengan mengetahui cara optimasi SEO YouTube yang tepat, maka para pemilik akun YouTube dapat bersaing dengan akun-akun besar juga.

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai cara optimasi SEO YouTube, apa sih sebenarnya SEO ini? Jadi, SEO adalah suatu teknik dalam dunia marketing untuk mengoptimalkan suatu situs agar masuk di posisi atas dalam mesin pencari. Tujuannya pun simpel, yaitu mendatangkan pengunjung yang banyak, menaikkan traffic hingga bisa mendatangkan pundi-pundi.

Panduan untuk Melakukan Optimasi SEO YouTube

Sekilas, optimasi SEO terdengar sederhana dan mudah. Namun, pada prakteknya, menaikkan dan melakukan optimasi SEO tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal detail yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan SEO. Untuk lebih paham, berikut adalah beberapa cara optimasi SEO YouTube yang ampuh dan efektif:

1. Memilih Kata Kunci

Hal pertama untuk optimasi SEO YouTube adalah dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Perlu diingat bahwa setiap kata memiliki tingkat persaingan yang berbeda. Jadi, meskipun sebuah kata memiliki makna yang sama, namun salah satu yang banyak digunakan oleh para pengguna YouTube.

Untuk menemukan kata kunci yang sesuai, maka lakukan riset terlebih dahulu. Carilah kata yang saat ini menjadi tren. Dengan begitu, peluang kata tersebut digunakan akan semakin besar juga. Beberapa contoh kata yang saat ini menjadi tren dan banyak digunakan adalah cara, tutorial dan review.

Bagi yang kesulitan menemukan kata kunci yang saat ini menjadi tren, maka cobalah menggunakan tool seperti Google Trend. Di sini akan terlihat pergerakan dan pemakaian kata tersebut pada periode tertentu. Jika ingin yang lebih bagus lagi, namun berbayar maka bisa menggunakan Keyword Tool.

2. Membuat Judul dan Deskripsi yang Menarik

Setelah mendapatkan kata kunci yang tepat, maka pastikan untuk menggunakan kata tersebut dalam judul dan deskripsi video. Ketika melakukan pencarian pastikan kata tersebut relevan dengan isi video sehingga dapat digunakan untuk judul dan deskripsinya.

Dalam membuat judul video, selain memasukkan kata kunci, pastikan judulnya mengundang. Jadi, ketika video tersebut muncul dalam pencarian, orang akan langsung tertarik untuk membukanya. Hanya dengan beberapa kata, jelaskan isi dari video tersebut.

Selain membuat judul yang menarik, jangan lupa sama kotak deskripsi. Di sini, para pemilik akun bisa menggunakan 125 karakter untuk menjelaskan lebih detail mengenai isi videonya.  Untuk kata kuncinya, usahakan untuk menaruhnya di awal kalimat, bahkan di awal paragraf. Dengan begitu, video dapat muncul terlebih dahulu ketika kata kunci dimasukkan dalam mesin pencarian.

3. Memasukkan Tag

Selain kata kunci, cara optimasi SEO YouTube adalah dengan menggunakan tag. Tag dalam optimasi SEO YouTube sama halnya dengan pemakaian hashtag di sosial media. Namun, untuk YouTube pengguna bisa menaruhnya di kolom deskripsi pada bagian tag.

Tulislah tag sebanyak mungkin pada bagian tersebut, namun pastikan tag yang digunakan berhubungan dengan isi video. Tag ini nantinya dapat membantu orang mendapatkan video sesuai dengan kata yang mereka masukkan. Jadi, semakin banyak tag yang dimasukkan, maka potensi video muncul akan semakin besar pula.

Untuk memilih tag yang tepat, gunakan bantuan aplikasi seperti vidiQ. Disini, para pemilik akun bisa melihat jenis tag yang digunakan untuk video serupa dan bisa menggunakannya juga. Jika ingin lebih banyak orang yang melihat, maka gunakan tag-tag umum.

4. Membuat Video Dengan Kualitas Terbaik

Setelah semua cara di atas telah dilakukan dan video sudah muncul dalam pencarian YouTube, pastikan video yang ditampilkan memiliki kualitas yang terbaik. Dengan menampilkan video dengan kualitas gambar dan konten yang baik, pengunjung akan betah untuk menonton. Selain itu, mereka berpotensi untuk kembali lagi ke akun tersebut jika mereka puas.

Video dengan kualitas yang baik bisa ditentukan dari berbagai hal. Salah satunya adalah durasi video yang tidak terlalu panjang dan cara penyampaiannya. Apabila ingin membuat video review, maka pastikan untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut secara detail.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah orisinalitas video yang sudah dibuat dan diunggah. Jika di dalam video ada bagian yang mengambil dari sumber lain, maka pastikan untuk menulisnya sebagai referensi. Dengan begitu, orang akan menyukai dan menghargai video yang telah dibuat.

5. Meningkatkan Engagement Penonton

Cara meningkatkan SEO YouTube yang mungkin sering dikatakan oleh para YouTube adalah klik like and subscribe. Jadi, semakin banyak orang yang datang menonton, menyukai dan berlangganan di akun tersebut, maka akan meningkatkan SEOnya. Meskipun belum menjadi akun yang besar, tidak ada salahnya untuk mengatakan hal yang sama pada awal atau akhir video.

6. Selalu Update Video Baru

Jika semua cara sudah dilakukan dan jumlah traffic mulai meningkat, maka pastikan untuk selalu update dan membuat video yang baru. Jangan sampai sudah mendapatkan banyak subscriber namun tidak ada hal baru yang bisa ditunjukkan atau ditampilkan. Usahakan untuk selalu menambah video baru paling tidak 2-3 hari sekali. Dengan begitu, para subscriber akan kembali terus untuk menantikan video baru.

7. Promosi Video Melalui Media Sosial & Backlink

Bagi yang ingin videonya lebih mudah lagi untuk ditemukan, maka lakukan promosi dengan memasang link URLnya pada situs lainnya. Promosikan video dan URLnya pada berbagai media sosial yang sering digunakan. Dengan begitu, orang yang melihat link tersebut dapat langsung membukanya dan menontonnya.  

Apakah Cara Optimasi SEO YouTube Sudah Berhasil?

Setelah melakukan semua langkah diatas, maka saatnya mengevaluasi dan melihat hasilnya. Jadi, jangan puas dan merasa optimasi SEO telah berhasil jika tidak ditunjukkan dengan data. Untuk melihat apakah optimasi bekerja secara efektif, maka gunakan YouTube Analytics.

YouTube Analytics merupakan fitur dimana para pemilik akun bisa melihat berapa kali video di klik dan ditonton. Selain itu, di fitur ini, para pemilik bisa melihat lamanya penonton melihat video yang ada. Dengan begitu, para pemilik akun bisa mempelajari waktu atau durasi video yang terbaik untuk sebuah video.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, maka log in pada akun YouTube terlebih dahulu. Lalu pada bagian kanan atas terdapat tulisan Creator Studio. Pada bagian sebelah kiri ada pilihan analisis dan klik bagian tersebut. Selanjutnya laporan mengenai jumlah penonton hingga subscriber akan muncul.

Seluruh cara optimasi SEO YouTube diatas dapat dilakukan untuk akun baru maupun akun yang sudah besar. Untuk melihat efektif atau tidaknya metode yang digunakan, maka pastikan untuk mencatat setiap kegiatan yang telah dilakukan. Selanjutnya dengan fitur dari YouTube lihatlah perkembangannya setiap minggu atau bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.