Apa Itu Artikel SEO? Karakteristik Utama dan Cara Kerjanya dalam Optimisasi Website

By: rianda 3 min read

Apa Itu Artikel SEO

Agar sebuah website banyak dikunjungi, pemilik website disarankan untuk membuat konten artikel yang bersifat SEO-friendly. Namun masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami apa itu artikel SEO. Selain itu, banyak yang juga kurang mengetahui bagaimana artikel semacam ini dapat membantu website mereka.

SEO sendiri merupakan sebuah akronim dari search engine optimization atau optimisasi mesin pencari. Hal tersebut dapat dimaknai sebagai sebuah proses untuk membuat website lebih terlihat di berbagai mesin pencari. Artikel yang SEO-friendly dibuat untuk mencapai tujuan tersebut. Tidak semua artikel mampu mencapai hasil ini.

Beberapa Karakteristik Utama dari Artikel SEO

Akan lebih mudah untuk memahami apa itu artikel SEO ketika mempelajari mengenai karakteristiknya. Artikel yang mendukung SEO memiliki keunikan yang tidak semua artikel miliki. Berikut merupakan beberapa karakteristik khas yang dapat ditemukan pada artikel-artikel SEO yang baik:

1. Kualitas Informasi yang Baik

Dalam aktivitas sehari-hari di era modern ini, orang-orang perlu mengakses berbagai macam website. Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang diperlukan guna melakukan beragam aktivitas dengan sukses. Mengingat kebutuhan orang akan informasi yang berkualitas, sebuah website yang baik akan mampu menampilkan konten yang sifatnya informatif.

Yang dimaksud informatif dalam konteks ini adalah artikel yang diunggah pada website tersebut mampu memberikan informasi yang diharapkan pembaca. Artikel merupakan hasil tulisan yang dikerjakan dengan serius. Informasi yang ditampilkan di dalam artikel haruslah merupakan informasi yang ditelaah dengan baik oleh penulisnya.

Pengunjung website memiliki kemampuan untuk membedakan mana artikel yang memiliki kualitas informasi yang baik dan tidak. Penilaian seperti inilah yang membuat popularitas satu website dengan lainnya berbeda. Seorang pemilik website sebaiknya membuat investasi waktu, tenaga, pikiran, dan finansial untuk membuat konten yang berkualitas.

2. Tingkat Keterbacaan (Readability) yang Tinggi

Ketika menelaah apa itu artikel SEO, keterbacaan menjadi salah satu karakteristik utamanya. Keterbacaan merupakan sejauh mana sebuah artikel mudah untuk dipahami oleh pembacanya. Sebagai contoh, artikel dengan panjang 500 kata seharusnya tidak memerlukan waktu lebih dari 5 menit untuk membacanya. Jika iya, dapat diartikan bahwa tingkat keterbacaan artikel tersebut rendah.

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi tingkat keterbacaan artikel. Hal pertama adalah pemilihan kosa kata yang digunakan. Semakin lazim kosa kata yang digunakan di dalam artikel, semakin mudah pembaca memahaminya. Hal lain yang berpengaruh adalah format dari artikel. Artikel yang setiap paragrafnya terlalu panjang akan sulit untuk dipahami oleh pembaca.

Untuk menjaga tingkat keterbacaan artikel pada level yang tinggi, terdapat beberapa tools yang bisa membantu. Ada tools yang tersedia online dan bisa diintegrasikan dengan website. Akan lebih baik jika penulis artikel memikirkan karakter demografis pembaca di dalam menentukan level keterbacaan minimum yang diterapkan.

Karakter demografis pertama adalah tingkat usia pembaca. Pembaca berusia muda akan memiliki tingkat pemahaman teks yang lebih rendah daripada pembaca dewasa. Tingkat pendidikan pun akan berpengaruh terhadap kemampuan seseorang di dalam mencerna informasi di dalam teks. Bahasa ibu yang digunakan juga tentunya memiliki andil besar.

3. Orisinalitas

Orisinalitas merupakan karakteristik lain yang perlu diperhatikan ketika mempelajari apa itu artikel SEO. Artikel yang dipublikasikan pada sebuah website sebaiknya merupakan artikel yang belum pernah ditemukan pada website lainnya. Ketika artikel yang diunggah memiliki kesamaan dengan artikel di website lain, tentunya website tidak akan tampil optimal di mesin pencari.

Hal lain yang membuat seorang pemilik website perlu menghindari plagiasi artikel adalah untuk menjaga profesionalitas website. Pengunjung akan memandang website yang menampilkan artikel dengan kemiripan tinggi dengan artikel pada website lain akan mempersepsikan dengan negatif. Kredibilitasnya secara otomatis menurun di mata pembaca.

Untuk mencapai orisinalitas yang tinggi, penulisan artikel sebaiknya dilakukan oleh manusia dan bukan software penulisan. Namun, hal tersebut tidak cukup untuk menjamin orisinalitas artikel. Tugas lain yang wajib dilakukan adalah melakukan uji plagiasi terhadap artikel sebelum dipublikasikan. Serangkaian kegiatan ini dapat menurunkan risiko plagiasi, baik disengaja maupun tidak.

4. Perhatian terhadap Tata Bahasa

Tata bahasa yang baik akan membuat artikel mudah dibaca oleh pengunjung website. Kemudahan membaca artikel akan membuat sebuah informasi menjadi mudah tersampaikan. Selain itu, pembaca akan lebih nyaman menikmati konten website. Perhatian tinggi pemilik website akan tata bahasa juga membuat website terlihat dikelola dengan baik.

Sayangnya, tidak semua orang mampu menulis dengan tata bahasa yang baik. Keterampilan ini membutuhkan latihan yang berulang-ulang. Memproduksi artikel dengan tata bahasa yang baik juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Perlu ada proses penyuntingan yang juga dilakukan untuk memastikan kualitas tata bahasa memenuhi standar.

Kesulitan seperti ini membuat jasa penulisan artikel menjadi marak digunakan oleh pemilik website di era ini. Kriteria pemilihan jasa penulisan adalah biro yang memahami sepenuhnya apa itu artikel SEO. Biro seperti itu akan mampu membuat artikel sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan oleh website.

5. Penggunaan Kata Kunci (Keyword) yang Strategis

Orang yang mengenal sedikit mengenai apa itu artikel SEO akan mengatakan bahwa keyword adalah elemen penting. Keyword atau kata kunci dalam konteks SEO, merupakan kata yang sering diketikkan oleh orang-orang ke dalam mesin pencari. Artikel SEO akan dibuat berdasarkan keyword-keyword seperti itu.

Ketika artikel tidak dibuat dengan hati-hati, keyword justru bisa menyebabkan artikel menjadi sulit dipahami. Kadang artikel dengan spesifikasi keyword tertentu justru terlihat janggal. Meskipun menggunakan keyword tertentu, artikel harus tetap enak dibaca oleh pengunjung website. Di dalam hal ini, penempatan keyword menjadi hal penting.

Selain itu, dunia SEO juga mengenal istilah keyword density atau kepadatan keyword. Pemilik website sangat tidak disarankan untuk memenuhi artikel dengan keyword. Hal itu justru akan membuat artikel terlihat seperti spam. Ada tingkat keyword density yang ideal untuk diaplikasikan ke dalam suatu artikel.

Bagaimana Sebuah Artikel SEO Dapat Membantu Website?

Setelah mempelajari mengenai apa itu artikel SEO melalui karakteristiknya, sangat penting untuk memahami cara artikel tersebut bekerja. Artikel SEO merupakan artikel yang sifatnya organik, informatif, serta mengandung keyword yang banyak dicari orang. Karakteristik tersebut akan menarik perhatian orang untuk mengunjungi website.

Ketika user mengetikkan keyword tertentu pada search bar, mesin pencari akan menampilkan website yang menggunakan keyword tersebut. Urutannya dalam mesin pencari disesuaikan dengan relevansi informasi di dalam website. User biasanya hanya akan memilih website yang muncul pada hasil pencarian teratas. Artikel SEO yang relevan dapat membantu website mencapainya.

Kualitas artikel yang baik membuat pengunjung website tidak langsung keluar dari website. Pembaca akan menyelesaikan artikel hingga akhir untuk memperoleh informasi dari artikel tersebut. Bisa jadi, website dengan artikel berkualitas tersebut akan menjadi referensi utama pengunjung dalam kesempatan yang lainnya.

Karakteristik-karakteristik yang dijelaskan dapat membantu pemilik website menentukan apa itu artikel SEO yang baik. Proses produksi konten dapat dilakukan dengan lebih mudah karena ada standar tertentu yang diacu. Dengan menampilkan artikel SEO berkualitas, website dapat mendatangkan traffic dalam volume besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.