Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar; Pemula Wajib Tahu!

By: rianda 3 min read

Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Artikel menjadi salah satu media yang saat ini banyak digunakan untuk menyampaikan gagasan maupun informasi. Tak hanya ditemui di media cetak, kini artikel juga banyak ditemui di media digital. Tentunya penulisan artikel ini harus dilakukan dengan tepat agar bisa dicerna oleh para pembaca secara efektif. Kali ini akan dibahas cara menulis artikel yang baik dan benar sehingga bisa menarik perhatian pembaca.

Persiapan Menulis Artikel

Pembuatan artikel akan dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap persiapan dan penulisan. Pada tahap persiapan ini ada beberapa hal penting yang harus dipahami dan dilakukan oleh penulis. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan saat mempersiapkan sebuah artikel:

1. Tentukan Pilihan Topik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih topik atau tema dari artikel yang akan ditulis. Pemilihan topik ini adalah tahap yang sangat penting karena akan menjadi acuan dalam penulisan artikel. Salah satu cara menulis artikel yang baik dan benar adalah dengan memahami baik-baik apa yang akan ditulis.

Pilihan topik ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa diperhatikan dulu tujuan penulisan artikel dan dimana artikel tersebut akan diterbitkan. Sah-sah saja untuk mengangkat tema yang saat ini sedang banyak diperbincangkan. Terutama untuk artikel yang akan diunggah di website. Artikel dengan tema yang sedang populer bisa meningkatkan jumlah traffic dari website tersebut.

Penulis bisa mulai dengan menentukan topik besar terlebih dahulu. Setelah itu bisa diambil tema yang lebih spesifik untuk dituliskan ke dalam sebuah artikel. Satu tema besar bisa dikembangkan lagi menjadi beberapa topik yang jauh lebih spesifik dan menarik.

2. Lakukan Riset

Jangan pernah menulis tanpa dasar pengetahuan apapun. Sebelum mulai menulis, pahami dulu temanya lalu lakukan riset. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai tema yang akan ditulis. Apalagi jika penulis bukanlah orang yang ahli di bidang atau topik tersebut. Riset akan menjadi langkah yang sangat penting untuk dilakukan sebagai dasar dalam menulis artikel.

Riset penulisan artikel saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Koneksi internet dan banyaknya informasi yang bisa diakses melalui mesin pencari Google mempermudah penulis dalam melakukan riset tema yang akan ditulis. Melalui proses riset yang benar maka informasi yang akan dituliskan pada artikel juga pasti bisa dipertanggungjawabkan.

3. Kumpulkan Referensi yang Tepat

Selanjutnya silahkan kumpulkan referensi yang tepat sesuai tema yang akan ditulis. Dari hasil riset tadi, penulis bisa memilih mana referensi yang cocok untuk dijadikan sebagai acuan. Pilih referensi yang lengkap dan terpercaya. Selain itu penulis bisa menggunakan beberapa referensi agar hasil tulisannya bisa jadi lebih kaya.

Baca satu per satu referensi yang akan digunakan dan pastikan materinya bisa mendukung isi artikel. Selain itu perhatikan baik-baik bahwa referensi ini bukan merupakan acuan pasti untuk ditiru. Hasil tulisan tidak boleh hanya menjiplak isi dari referensi yang digunakan. Lakukan parafrase dan tulislah ulang dengan gaya tulisan sendiri agar artikel memiliki sisi unik.

4. Buat Kerangka Artikel

Setelah siap dengan topik dan referensi, segera buat kerangka artikel. Kerangka atau outline ini akan mempermudah penulis dalam menyusun artikel yang baik dan menarik. Penulis bisa menggunakan outline sebagai acuan dalam membuat artikel. Dari outline ini penulis juga bisa menilai apakah isi artikel sudah cukup lengkap atau belum. Outline harus dibuat secara runtut dan mengalir sehingga pembaca akan mudah memahami isi artikel.

Tahap Penulisan Artikel

Setelah menyelesaikan persiapan menulis, kini penulis bisa langsung mulai membuat artikel. Penulisan artikel mungkin terlihat mudah namun dibutuhkan teknik yang tepat agar hasil tulisan bisa benar-benar bermanfaat dan berkualitas. Berikut adalah beberapa cara menulis artikel yang baik dan benar:

1. Buat Judul yang Menarik

Silakan buat judul yang menarik terlebih dahulu. Artikel yang bagus tidak hanya dinilai dari isi tetapi juga dari judulnya. Buatlah judul yang menyiratkan inti informasi dari keseluruhan artikel. Pastikan judul tersebut cukup menarik sehingga membuat orang-orang ingin membaca artikel sampai selesai.

Pastikan jangan membuat judul artikel yang tidak relevan. Ini penting untuk jenis artikel yang akan diunggah di media digital. Seringkali penulis ingin membuat judul yang clickbait untuk meningkatkan traffic dan jumlah pembaca tapi mengesampingkan relevansi judul dengan isi artikel. Pastikan isi artikel benar-benar menampilkan informasi sesuai judul yang ditampilkan.

2. Tulis Pembukaan dan Ikuti Outline

Penulis bisa mulai membuat artikel dengan menuliskan paragraf pembuka terlebih dahulu. Setelah itu ikutilah outline atau kerangka artikel yang sudah dibuat sebelumnya. Kembangkan poin-poin yang sudah dituliskan pada kerangka tadi. Ikuti alur yang sudah ditentukan dan dibuat semenarik mungkin agar pembaca tidak merasa bosan.

3. Gunakan Kalimat yang Efektif

Pemilihan kalimat juga sangat berpengaruh pada kualitas artikel. Pakailah kalimat yang efektif di dalam artikel tersebut. Jangan menggunakan kata-kata yang sifatnya ambigu dan kalimat yang bertele-tele. Pilihlah kalimat yang singkat, efektif, dan mudah untuk dipahami. Jenis kalimat seperti ini sangat disukai oleh pembaca karena tidak membuat bingung saat memahami isi artikel.

4. Pakailah Heading

Cara menulis artikel yang baik dan benar berikutnya adalah terapkan sistem heading pada artikel. Heading ini akan mempermudah penulis dalam membagi topik penulisan artikel. Heading juga akan membuat struktur artikel lebih terarah dan mempermudah proses penulisan. Selain itu heading juga akan mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel secara menyeluruh.

Menariknya lagi, heading ini akan menambah nilai tampilan konten artikel. Penerapan heading pada sebuah artikel ternyata bisa membantu meningkatkan SEO dan efektif meningkatkan performa website. Jadi silahkan mulai menulis artikel dengan memperhatikan susunan heading-nya agar artikel ini tak hanya menarik dari segi isi tapi juga efektif untuk SEO.

5. Berikan Kesimpulan

Tutuplah artikel dengan sebuah kesimpulan. Pembaca akan merasa senang jika mendapatkan kesimpulan dari artikel yang sudah dibaca. Kesimpulan ini akan membantu pembaca untuk memahami isi artikel dengan lebih baik lagi. Tuliskan kesimpulan secara singkat namun tetap padat dan jelas. Jangan lupa, tetap gunakan kalimat efektif dan jangan bertele-tele saat membuat kesimpulan.

6. Baca Ulang Hasil Tulisan

Selesai menulis, silakan baca ulang hasil tulisan yang sudah dibuat tadi. Membaca ulang hasil tulisan akan membantu penulis mengetahui apakah ada bagian yang janggal atau tidak. Penulis bisa memperbaiki hasil tulisan agar lebih enak dibaca dan tidak melenceng dari topik bahasan. Proses baca ulang hasil tulisan ini juga dilakukan untuk memeriksa kesalahan ejaan, tanda baca, maupun kesalahan lainnya.

Terapkan panduan cara menulis artikel yang baik dan benar ini untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Buatlah tulisan dengan teknik yang tepat namun jangan sampai kehilangan ciri khas karena terlalu mengikuti aturan. Karakter tulisan penulis tetap harus diperlihatkan sehingga memberikan sisi unik dan menarik dari sebuah artikel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.