5 Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung

By: rianda 3 min read

Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung

Menulis blog bisa jadi lebih dari sekedar hobby. Dengan mengetahui niche blog yang selalu ramai pengunjung, kegiatan ini juga bisa menghasilkan uang. Namun, untuk menentukan jenis topik yang ingin ditulis terkadang juga membingungkan. Nah, sebelum mulai menulis, ada baiknya melakukan riset dulu untuk mengetahui niche blog yang ramai.

Tapi apa sih sebenarnya niche itu dan apakah kelebihannya? Jadi, niche sendiri adalah pembahasan yang diangkat di dalam sebuah blog. Dengan niche blog popular atau menarik, maka situs blog akan banyak dikunjungi. Namun, sebaliknya, jika niche yang digunakan tidak menarik, maka jangan berharap ada pengunjung.

Berbagai Niche Blog yang Selalu Menarik Pengunjung

Bagi para penulis baru yang sedang mencari ide menulis sebuah blog, jangan terburu-buru. Ketahui dulu topik yang saat ini menjadi favorit dan banyak dicari. Selain itu, pastikan untuk menulis sesuatu yang memang diminati agar hasilnya bisa menjadi lebih maksimal. Nah, untuk yang mencari ide, berikut adalah niche blog yang selalu ramai pengunjung:

1. Kuliner

Siapa yang tidak mencintai makanan lokal maupun makanan daerah lain? Dengan kecintaan orang terhadap makanan yang begitu tinggi, maka tidak heran jika kuliner menjadi salah satu niche blog yang selalu menarik pengunjung. Bahkan, niche ini tidak pernah lekang oleh waktu karena dapat dibaca dan dinikmati kapan saja.

Bagi yang suka traveling atau berkeliling di daerah-daerah di Indonesia, maka bahaslah kuliner pada masing-masing kota. Jelaskan mengenai makanan khas dan favorit yang ada pada daerah tersebut beserta detail lainnya seperti harga dan lokasi. Informasi seperti ini selalu dinantikan para pengunjung yang juga suka berkuliner.

Sedangkan bagi yang lebih ahli di dalam dapur, maka cobalah mengunggah dan menulis mengenai resep favorit yang sering masak. Berbagilah ilmu cara memasak yang enak serta detail dan rahasia yang dibutuhkan. Dengan begini, orang akan tertarik untuk mencoba dan kembali lagi pada blog tersebut.

Selain membahas mengenai makanan, niche kuliner juga bisa membahas mengenai rekomendasi alat dapur yang terbaik. Informasi seperti ini akan sangat berguna, terutama bagi ibu-ibu muda yang baru saja belajar memasak. Jadi, untuk niche kuliner, jangan hanya terpaku pada makanan saja namun juga hal-hal yang berkaitan dengan makanan.

2. Bisnis & Entrepreneur

Niche blog yang selalu ramai pengunjung dan tidak pernah habis dikupas tuntas adalah bisnis dan entrepreneurship. Saat ini siapa yang tidak ingin memiliki usaha dan karyawan sendiri tanpa harus bekerja di perkantoran lagi? Sepertinya jawabannya akan sama semua. Oleh karena itu, blog dengan pembahasan mengenai entrepreneur selalu menarik untuk dibahas dan dibaca.

Salah satu topik yang bisa diangkat dalam blog ini adalah mengenai semangat dan cara memulai sebuah bisnis. Ada banyak orang yang ingin menjadi seorang entrepreneur namun tidak tahu harus memulai darimana. Selain itu, banyak yang pula yang menganggap bahwa memulai bisnis sangat sulit karena membutuhkan modal yang besar. Jika memiliki pengalaman tersendiri, jelaskan juga agar orang lain dapat belajar dari pengalaman tersebut.

Sedangkan bagi yang sudah lebih ahli, maka tidak ada salahnya untuk berbagi mengenai hal baru atau hal yang lebih kompleks. Contohnya, cara mengembangkan usaha atau mendapatkan pinjaman modal yang lebih besar. Percayalah, apapun yang ditulis dengan tema bisnis akan menarik perhatian.

Namun, dalam menulis blog bisnis dan entrepreneur, pastikan untuk menulis setiap bagian dengan detail. Jadi, jangan mengambang atau terlalu umum. Karena yang dibutuhkan pengunjung blog adalah cara dan informasi untuk membantu atau membuka kepala mereka. Jadi, semakin detail yang dibahas, akan lebih menarik bagi para pengunjung.

3. Traveling

Sama halnya dengan kuliner, siapa yang tidak mencintai traveling? Semua orang mencintai traveling baik di dalam negeri, luar negeri, gunung, pantai hingga sekedar ke mall. Makanya tidak heran jika traveling menjadi niche blog yang selalu ramai pengunjung.

Salah satu hal yang bisa dibahas dalam niche blog traveling ada lokasi-lokasi indah yang ada di dalam negeri. Meskipun sudah ada banyak blogger yang membahas hal ini, namun sepertinya keindahan dan keunikan Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Selain membahas lokasinya, jangan lupa juga menyertakan detail perjalanan dan tempat-tempat yang wajib dikunjungi.

Blog mengenai traveling tidak harus selalu membahas mengenai wisata berlibur saja. Selain lokasi, para blogger juga bisa menulis tentang tips dan trik untuk bisa mendapatkan paket berlibur yang murah. Materi seperti ini pasti banyak diincar dan dicari oleh banyak orang.

4. Kesehatan

Salah satu niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menjadi lebih ramai sejak ada pandemi adalah kesehatan. Dengan internet, orang bisa belajar mengenai berbagai hal tentang kesehatan, mulai dari cara penyembuhan penyakit hingga cara hidup dengan pola yang sehat. Dan sejak adanya covid-19 banyak blog kesehatan yang membahas mengenai virus ini hingga banyak diserbu oleh pembaca.

Meskipun covid telah ada sejak setahun yang lalu, namun pembahasan mengenai topik ini belum habis dan selalu dicari. Banyak yang penasaran virus ini darimana dan bagaimana perkembangannya setiap hari. Jadi, meskipun sudah banyak dibahas, pembahasan ini tidak akan ada habisnya sampai virus ini menghilang.

5. Keuangan

Sebelum adanya covid, uang merupakan hal yang sangat sensitif bagi sebagian besar orang. Namun, sejak covid muncul, uang menjadi hal yang lebih sensitif lagi karena banyaknya pekerja yang di PHK. Dengan kondisi seperti, topik keuangan menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Dengan pengetahuan keuangan yang tepat, maka orang bisa melakukan perencanaan yang baik hingga masa tua.

Niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menjadi perhatian kalangan muda sampai tua adalah investasi. Saat ini investasi menjadi salah satu wadah untuk menabung untuk hari tua. Namun, sayangnya tidak semua orang memahami cara investasi yang tepat. Bahkan ada yang bisa kehilangan jutaan hingga milyaran rupiah karena salah dalam investasi.

Selain cara berinvestasi yang baik, perencanaan keuangan juga menjadi salah satu tema yang menarik untuk dibahas. Dengan topik ini, orang bisa belajar mengenai cara mengatur keuangannya setiap bulan atau tahunnya. Jadi, ketika ada kondisi darurat, mereka tidak bingung karena sudah ada dana darurat.

Dalam sebuah blog, para pembaca juga bisa memiliki lebih dari satu niche. Namun, pada umumnya, blogger hanya akan fokus terhadap satu topik saja dan membahasnya lebih detail. Hal ini dikarenakan agar mereka lebih mudah ditemukan jika topik tersebut memang dicari pada mesin pencarian. Selain itu, topik yang dibahas bisa menjadi lebih fokus dan terarah.

Selain kelima topik diatas, masih ada banyak niche blog yang selalu ramai pengunjung seperti mengenai agama, gaya hidup hingga parenting. Namun, kelima topik diatas merupakan yang paling umum dan banyak dicari oleh para pembaca.

One Reply to “5 Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *