Jenis Jenis Backlink yang Penting Diketahui untuk Kebutuhan SEO

By: rianda 3 min read

Jenis-Jenis Backlink

Optimasi website menggunakan strategi SEO memang dinilai sangat efektif hingga saat ini. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kelancaran strategi SEO sebuah website adalah backlink. Jenis jenis backlink pun sangat beragam dan penting untuk dipahami satu per satu. Berikut ini adalah ragam jenis backlink terkait kebutuhan SEO:

1. Link Profile Backlink

Pertama ada link profile backlink yang dikenal sangat sederhana namun punya fungsi yang sangat baik. Ini merupakan jenis backlink yang biasanya dijumpai pada media sosial atau website komunitas dimana penggunanya harus membuat profil atau akun. Pengguna Instagram dan Twitter pasti sudah sangat akrab dengan jenis backlink yang satu ini. 

Backlink tipe ini sangat mudah untuk dibuat. Pengguna hanya perlu membuat akun profil terlebih dahulu. Nantinya link menuju laman website yang diinginkan dapat langsung disematkan di profil tersebut. Ini menjadi salah satu tipe backlink yang sering digunakan oleh influencer untuk mempromosikan konten-konten di media lainnya 

2. Blog Comment Backlink

Berikutnya ada jenis blog comment backlink. Ini merupakan salah satu tipe backlink yang juga sangat efektif dan begitu mudah untuk digunakan. Sesuai dengan namanya, backlink ini akan ditempatkan di kolom komentar dari sebuah website. Namun perlu diketahui tidak semua jenis website bisa diterapkan bahwa backlink ini.

Jenis jenis backlink yang beragam diciptakan agar pengguna bisa memilih tipe backlink yang paling cocok. Untuk jenis blog comment backlink ini, pemakaiannya hanya mendukung pada tipe blog yang menyediakan kolom komentar. Caranya mudah, pengguna tinggal menuliskan komentar di kolom yang tersedia dan membagikan backlink. 

Penting untuk dicatat bahwa penempatan komentar ini tidak boleh sembarangan. Terlebih dahulu harus dipilih website atau blog dengan niche yang sesuai. Selain itu pastikan juga bahwa pemakaian backlink dalam komentar tersebut tidak terindikasi sebagai spam.

3. Backlink Contextual

Tipe backlink berikutnya yang juga cukup sering digunakan adalah backlink contextual. Backlink yang satu ini sering dijumpai pada website UGC atau User Generate Content. Beberapa jenis website yang masuk tipe UGC adakah Kompasiana, Kaskus, Quora, da masih banyak lagi.

Sesuai namanya, jenis backlink ini harus sesuai dengan konteks artikel utama. Misalnya, pengguna mengunggah artikel dengan topik kecantikan. Maka secara otomatis jika ingin menaruh backlink di sana harus sesuai dengan topik tersebut. Penempatan backlink juga harus dipikirkan dengan baik agar terlihat natural dan tidak dinilai sebagai spam.

4. Backlink Blogroll

Dari beragam jenis jenis backlink yang ada, ada backlink blogroll yang sudah lama digunakan untuk kepentingan optimasi website. Ini merupakan tipe backlink yang paling banyak digunakan oleh pada pencari backlink. Caranya mudah, tinggal letakkan saja backlink tepat di bagian sidebar. Masukkan list website yang akan dijadikan backlink kemudian sematkan di sidebar tersebut.

Blogroll memungkinkan pengguna untuk bertukar backlink dengan sesama pemilik website. Sayangnya tipe backlink ini sudah tidak terlalu populer bahkan sudah ditinggalkan oleh para pengelola website. Hal ini disebabkan oleh website sekarang lebih mengutamakan user interface yang juga punya pengaruh besar dalam SEO.

5. Document Sharing

Tipe backlink berikutnya yang juga bisa dipakai dalam dunia SEO adalah document sharing. Jenis backlink ini cukup sering dijumpai seiring dengan banyaknya intensitas pengunduhan dokumen oleh para pengguna website. Jenis backlink ini dipakai dengan cara pemilik link menempatkan link ke dokumen yang berbentuk pdf atau word.

Pengguna yang sudah menempatkan link tadi bisa langsung mengunggah dokumen tersebut ke situs penampung dokumen. Secara otomatis akan langsung dapat document sharing backlink. Meskipun terdengar sederhana, sayangnya jenis backlink ini tidak lagi banyak dipakai. Penyebab utamanya adalah efek atau manfaat dari backlink ini tidak begitu besar jika dibandingkan tipe backlink lainnya.

6. Social Bookmark

Selanjutnya ada pula jenis backlink yang diberi nama social bookmark. Jenis backlink ini sangat populer dan masih banyak dipakai sampai sekarang. Social bookmark memiliki arti pengguna menyimpan atau menandai link sebuah artikel maupun website di sebuah bookmarking sites. Contoh bookmarking sites yang banyak digunakan adalah Pinterest. 

Social Bookmark sangat efektif dan bisa disesuaikan dengan jenis artikel yang dimasukkan ke link. Misalnya untuk bookmarking sites Pinterest, cocok sekali digunakan bagi pengguna yang di dalam artikel yang melibatkan gambar atau infografis menarik.  Meskipun tak selalu memberikan efek optimal namun tipe backlink ini masih sangat layak untuk dimanfaatkan.

7. Backlink Footer

Strategi SEO juga dapat diwujudkan dengan penggunaan backlink footer. Ini merupakan tipe backlink yang diposisikan pada footer. Lalu, apa itu footer. Dalam sebuah laman website, pasti akan ada bagian footer yakni bagian paling bawah atau akhir dari laman website tersebut. Meskipun menjadi bagian paling bawah, namun footer ini memegang peran yang sangat penting.

Footer biasanya memuat banyak sekali informasi penting. Biasanya terdapat kontak-kontak penting dan link-link di bagian footer. Penempatan informasi penting di bagian footer ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung website. Bagian inilah yang kemudian ikut dimanfaatkan oleh blogger untuk menempatkan backlink.

Tentunya posisi backlink di bagian footer ini memberikan dampak yang cukup besar bagi performa website itu sendiri. Backlink jenis ini sangat populer dan begitu umum ditemui. Sangat direkomendasikan terutama bagi pemilik website yang berafiliasi dengan website lain dan memiliki tema sejenis.

8. Image Sharing

Pemilik website juga bisa mencoba menggunakan jenis backlink image sharing yang juga masih sering dijumpai saat ini. Sebenarnya tipe backlink ini memiliki konsep yang sama dengan tipe document sharing. Hanya saja bentuk medianya berbeda yakni dalam bentuk gambar bukan dokumen.

Saat pengguna mengunggah sebuah gambar di sebuah situs image sharing maka bisa ditempatkan sebuah link. Link tersebut nantinya akan menuju ke website di deskripsi gambar yang telah diunggah tadi. Gunakan backlink ini jika memang dibutuhkan namun tetap optimalkan strategi SEO dengan pemakaian jenis jenis backlink lainnya.

9. Guestbook Backlink

Tipe backlink berikut ini juga sangat populer dan dianggap hampir mirip dengan blog comment backlink. Guestbook backlink merupakan tipe backlink yang ditempatkan di halaman guestbook atau contact us. Pemakaian jenis backlink ini tergolong sangat mudah asalkan memang website yang digunakan untuk menempatkan backlink tadi memang menyediakan fasilitas guestbook.

Namun penggunaan backlink ini cukup tricky dan harus dilakukan dengan hati-hati. Pengguna sebaiknya memastikan bahwa guestbook yang akan dipakai untuk menempatkan backlink tidak dipenuhi spam. Jika guestbook sudah penuh spam maka backlink yang didapat nanti tidak akan berkualitas dan justru bisa dianggap spam oleh Google Crawler.

Itulah tadi jenis jenis backlink yang penting untuk dipahami oleh para pengelola website. Pengembangan website dengan strategi SEO harus dilakukan dengan pemilihan jenis backlink yang tepat. Pakailah beberapa jenis backlink sesuai kebutuhan untuk membuat performa website meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.