5 Manfaat Update Artikel Secara Rutin untuk Blog

By: rianda 2 min read

Manfaat update artikel

Mengelola blog adalah aktivitas yang tampak mudah namun membutuhkan komitmen dan konsistensi. Selain memastikan blog teridentifikasi oleh mesin pencari google, pengelola blog juga harus mengetahui manfaat update artikel agar konten yang diunggah tetap relevan.

Blog dengan niche apapun, sebaiknya melakukan update artikelnya secara rutin. Hal ini pun harus menjadi agenda khusus dari seorang pengelola blog, agar konten yang diunggah dapat tetap terlihat hidup.

1. Meningkatkan Traffic Pengunjung

Salah satu tujuan membuat blog tentu saja agar ada pengunjung yang mampir untuk membaca. Oleh karena itu, manfaat update artikel di blog secara rutin salah satunya adalah agar traffic pengunjung blog meningkat.

Artikel dapat diartikan sebagai pintu masuk pengunjung. Artinya, semakin banyak artikel yang dibuat, tentu akan semakin banyak pintu yang dibuka. Selain itu, banyaknya artikel yang diunggah tentu menambah juga variasi kata kunci yang dibuat, sehingga pengunjung pun semakin meningkat.

Update artikel pada blog dapat dilakukan sesering mungkin. Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing blog. Namun yang pasti, artikel yang terus ter-update menandakan blog tersebut dikelola secara serius.

2. Meningkatkan Peringkat Blog

Jika pengunjung telah meningkat, secara praktis mesin pencari akan mengindeks blog yang dikelola sebagai penyedia informasi yang akurat. Artinya, manfaat update artikel berikutnya adalah agar blog bisa naik peringkatnya di halaman pencarian.

Banyak blogger yang berbagi pengalaman bahwa artikel yang sering update sangat membantu mengangkat peringkat blog. Sederhana, perhatikan portal berita yang dalam sehari bisa menerbitkan banyak artikel, tentu peringkatnya selalu ada di halaman pertama.

3. Menjaga Kredibilitas Blog

Banyak pembaca yang mindset-nya ‘terkunci’ pada satu atau dua blog saja ketika mencari keyword tertentu. Seolah-olah blog tersebut memang sudah tersohor sebagai penyaji informasi yang sangat akurat dan profesional.

Hal ini merupakan manfaat update artikel berikutnya, di mana sebuah blog akan terjaga kredibilitasnya. Demikian halnya dengan pembaca yang akan dimanjakan dengan artikel-artikel yang sangat update, relevan, dan tentu saja akurat.

Buatlah blog yang bermanfaat bagi banyak orang, lalu sajikan artikel yang akurat dengan data yang tepat. Setelah itu, lakukan pengelolaan salah satunya dengan meng-update artikel secara rutin. Pada masa awal, update artikel bahkan harus dilakukan dengan intensitas sangat sering

4. Daya Tarik untuk Iklan

Blog yang ‘hidup’ adalah daya tarik bagi para pengiklan. Para pengiklan tentu lebih menyukai blog yang sangat update dengan unggahan, selain juga konten yang akurat dan tidak melanggar aturan. Pihak pengiklan tentu memahami bahwa blog yang update akan menarik banyak pengunjung.

Hal ini tentu akan mendatangkan keuntungan lain bagi para pengelola blog. Ketika iklan mulai terpampang di blog, adalah tanda semakin kredibelnya blog tersebut sehingga dipilih sebagai ladang beriklan.

Dari segi keuntungan, kedua belah pihak akan mendapatkan manfaat update artikel yang hampir sama. Dengan update artikel rutin, maka blog akan dipasang iklan yang mendatangkan potensi pendapatan. Sementara pihak pengiklan memiliki ladang iklan dengan pengunjung yang berdatangan.

5. Meningkatkan Potensi Penjualan

Bagi pengelola blog dengan tujuan penjualan, maka update artikel adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. Sekali lagi, kunci dari kredibilitas blog adalah traffic atau pengunjung. Dengan demikian, semakin tinggi traffic, semakin baik pula blog yang dikelola.

Terkait dengan penjualan, jika blog tersebut mendapatkan pengunjung yang terus meningkat bahkan membanjir setiap harinya karena update-an artikel, tentu pengunjung juga akan tahu jenis usaha yang ditawarkan.

Hal ini lah yang akan membuka peluang peningkatan penjualan, mengunggah artikel sambil menjual produk yang diproduksi. Sebagai contoh, pada blog tentang kecantikan, artikel yang dibuat bisa mengarahkan pembaca untuk membeli dan memakai produk yang dijual.

Selain melalui artikel, penjualan juga bisa dilakukan dengan memajang banner di blog. Tempatkan banner promosi di blok yang strategis terlihat langsung oleh pengunjung, sehingga mengundang rasa penasaran. Semakin banyak pengunjung yang masuk ke blog, semakin banyak juga promosi akan terlihat.

Banyak manfaat update artikel yang akan didapat oleh pengelola blog. Bukan hanya itu, para pembaca dan pencari informasi lewat akses internet pun akan terbantu, jika blog yang dikelola melakukan update artikel secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.