Cara Riset Keyword YouTube Terampuh untuk Mendongkrak SEO

By: rianda 3 min read

Cara Riset Keyword YouTube

Persaingan di dunia online, terutama YouTube saat ini menjadi semakin ketat. Dengan banyaknya pengguna dan video yang diupload setiap harinya, maka menjadi yang teratas tentunya bukanlah hal yang mudah. Namun ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar bisa bersama dengan yang lain. Salah satunya adalah penggunaan keyword. Namun, cara riset keyword YouTube sendiri saja ada triknya. Bagaimanakah cara yang paling ampuh?

Keyword atau dikenal juga dengan kata kunci memiliki peran yang sangat penting ketika ingin optimasi SEO, baik untuk situs maupun YouTube. Dengan pemilihan kata yang tepat, bisa jadi video yang diunggah menjadi salah satu yang teratas ketika dicari. Namun, penentuan katanya pun harus tepat dan sesuai yang dicari.

Cara Melakukan Riset dengan Cara Manual

Sebelum menentukan judul atau deskripsi dari video, jangan lupa untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu. Melakukan riset keyword dapat dilakukan secara manual atau dengan bantuan tools online yang banyak tersedia online. Namun, jika ingin cara tersimpel, maka cobalah cara manual terlebih dahulu sebagai berikut:

1. Menggunakan Auto Correction YouTube

Ketika melakukan riset keyword jangan lupa mencari kata yang saat ini menjadi tren atau banyak dicari. Carilah kata yang popular dengan menggunakan auto correction yang ada pada YouTube sendiri. Caranya pun sangat simpel namun ampuh untuk memberikan saran keyword yang dapat digunakan pada YouTube.

Cara melakukan riset adalah dengan mengetik kata yang ingin dibahas dalam video. Contohnya, apabila ingin membahas mengenai saham, maka ketiklah saham terlebih dahulu. Selanjutnya, jangan di enter dulu, melainkan memasukkan satu huruf lagi untuk melihat kata yang saat ini menjadi tren. Contoh saham a dan nantinya akan muncul berbagai opsi untuk bisa dijadikan keyword.

Lakukan hal ini sampai mendapatkan keyword yang dirasa paling cocok untuk dijadikan judul atau deskripsi video yang diinginkan. Jangan lupa untuk menaruh keyword tersebut pada bagian judul, deskripsi hingga isi dari video.

2. Melihat YouTube Trends

Cara lain untuk melihat tren saat ini di YouTube adalah dengan melihat video yang saat ini menjadi tren. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melihat pada bagian YouTube Trends. Pada kolom tersebut, para pemilik akun bisa melihat video yang saat ini menjadi tren dan banyak ditonton oleh orang-orang di dunia.

Selain melihat isi video, jangan lupa untuk memperhatikan judul, deskripsi hingga isi video. Perhatikan kata yang digunakan pada bagian tersebut dan relevannya terhadap isi video. Tidak perlu membuat video yang sama persis, namun gabungkan beberapa ide video menjadi satu untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Cara Mendapatkan Keyword Dengan Bantuan Tools

Cara riset keyword YouTube yang lebih ampuh dan akurat adalah dengan menggunakan bantuan tools online. Saat ini ada banyak sekali tools yang dapat membantu mencari kata yang tepat untuk dijadikan judul dan deskripsi. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis dan bisa digunakan untuk semua orang. Nah, bagi yang membutuhkan bantuan, berikut adalah beberapa tools online yang bisa digunakan:

1. SEMrush

Pemain baru yang membutuhkan bantuan untuk mencari keyword yang tepat pada video dapat menggunakan SEMrush. Disini, para pengguna tidak hanya akan diberikan informasi mengenai kata yang tepat berdasarkan search volume saja, melainkan juga ada ide-ide yang bisa dibahas dalam video.  Jadi, bagi yang masih buntu dan belum menemukan ide untuk pembuatan video dapat menggunakan SEMrush dulu.

Di SEMrush, para pemain baru juga bisa mendapatkan informasi mengenai keyword yang digunakan oleh para competitor. Dengan begitu, mereka juga bisa mendapatkan gambaran mengenai perlu atau tidaknya keyword itu digunakan lagi dalam judul atau videonya.

Terakhir, jika ingin melihat perkembangan atau hasil optimasi yang telah dilakukan, maka SEMrush dapat membantu. Melalui tool ini, para pemain bisa melihat performa video yang sudah diunggah selama beberapa periode tertentu. Selain itu, mereka juga bisa membandingkan performanya dengan para kompetitor.

2. Ubersuggest

Cara riset keyword YouTube juga dapat menggunakan aplikasi gratis seperti Ubersuggest. Di tool ini, para pengguna bisa mencari keyword yang tepat untuk area tertentu saja. Dengan begitu hasilnya akan menjadi lebih akurat dan sesuai dengan wilayahnya.

Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan membuka situs tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, masukkan keyword yang ingin dibahas serta jenis situs atau format yang ingin digunakan seperti situs, blog atau YouTube. Terakhir, jangan lupa untuk memasukkan negara yang menjadi target utama untuk dijadikan penonton.

Terakhir, tekan look up dan nantinya akan muncul banyak keyword yang disarankan oleh Ubersuggest. Selain keyword, juga akan muncul volume, nilai kompetisinya hingga cost per click dari kata tersebut. Dengan begitu, para pengguna bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai keuntungan serta kesulitan jika menggunakan salah satu kata tersebut.

3. Keywordtool

Untuk yang ingin hasil lebih akurat, maka Keyword adalah tool yang sangat disarankan. Tool ini sudah banyak digunakan para pengguna internet di seluruh dunia untuk kebutuhan bisnis online, blog maupun YouTube. Nah, bagi yang baru dan ingin mencari keyword terbaik, maka gunakan tools ini dengan versi yang gratis dulu.

Cara riset keyword YouTube dengan tool ini sama dengan yang lainnya, yaitu memasukkan kata atau ide yang ingin digunakan. Selanjutnya akan muncul ide atau keyword yang bisa digunakan. Namun, untuk versi gratis, para pengguna tidak bisa melihat volume trend atau tingkat kesulitan dari kata tersebut. Untuk bisa melihatnya, maka cobalah memasukkan keyword tersebut ke tool lain seperti Ubersuggest.

4. Google Trends

Sama halnya dengan Ubersuggest, Google Trends juga bisa memberikan saran mengenai keywords yang terbaik untuk suatu wilayah. Namun, kelebihan dari Google Trends adalah dapat memberikan info pergerakan pemakaian kata tersebut selama periode waktu tertentu. Bahkan, bagi yang ingin melihatnya secara real time juga bisa.

Cara riset keyword YouTube dengan Google Trend tergolong efektif. Dengan mengetahui pergerakannya secara real time, para pengguna bisa menentukan efektif atau tidaknya sebuah kata pada waktu tersebut .

Meskipun ada banyak tools yang dapat membantu riset keyword, namun bukan berarti riset telah selesai. Setelah menemukan kata yang tepat, peletakan dan pembuatan judul hingga deskripsi yang menarik juga merupakan kunci untuk optimasi SEO.

Selanjutnya, setelah semua telah dibuat dan video telah diunggah, para pemilik akun harus melihat apakah hasilnya sudah sesuai atau belum. Jika jumlah penonton atau target yang ditetapkan telah tercapai, maka baru bisa dikatakan cara riset keyword YouTube sudah dilakukan dengan tepat.

Untuk para pemula yang ingin mengembangkan channel YouTube, maka cara riset keyword YouTube sebaiknya dilakukan dengan bantuan tools. Selain hasilnya lebih akurat ada banyak saran dan ide yang bisa digunakan. Selanjutnya jika hasilnya sudah mulai terlihat, maka gunakan gabungan antara cara manual dengan tools.

Leave a Reply

Your email address will not be published.