Cara Menulis Artikel dengan Cepat dan Mudah

By: rianda 2 min read

cara menulis artikel dengan cepat

Membuat konten dalam bentuk artikel, belakangan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peringkat web dalam pencarian Google. Praktis, para content creator harus menguasai cara menulis artikel dengan cepat. Tak hanya cepat, konten yang diunggah juga harus up to date, akurat, dan bukan hasil jiplakan.

Cara Menulis Artikel dengan Cepat

Ketika artikel menjadi senjata utama dalam web yang dikelola, maka keterampilan menulis harus segera di-upgrade agar membuat artikel bisa semakin cepat. Berikut ini beberapa cara menulis artikel dengan cepat, agar artikel selesai dalam waktu singkat:

1. Tentukan Target Menulis

Jika menilai cepat atau lambat, tentu saja harus diketahui seberapa cepat atau lambat sebuah tulisan dibuat. Maka, hal pertama yang harus ditentukan adalah target menulis. Tentukan berapa lama waktu yang akan dibutuhkan untuk sebuah tulisan. Misalnya, untuk sebuah tulisan 500 kata, harus selesai dalam waktu 1 jam.

Penulis bukan hanya harus menentukan target waktu, tetapi juga target pembaca. Apalagi jika tulisan yang dibuat adalah konten untuk blog, maka jenis tulisan harus sesuai dengan target yang sudah ditentukan ketika membuat blog. Sesuaikan target pembaca dengan niche blog yang dibuat.

2. Tentukan Tema, Judul serta Kerangka

Cara menulis artikel dengan cepat berikutnya adalah, buat tema tulisan yang diikuti dengan judul. Tema tulisan dalam hal ini bisa berupa kata kunci, yaitu gambaran besar yang ingin diceritakan dalam tulisan. Sementara judul dibuat di awal, agar tulisan semakin fokus sesuai dengan gambaran yang ingin diceritakan.

Beberapa penulis ada yang memilih membuat judul di akhir aktivitas, setelah seluruh artikel selesai. Hal ini tentu bukan masalah, namun pastikan dalam prosesnya dahului dengan membuat kerangka tulisan. Hal ini untuk mencegah tulisan yang terlalu melebar, sehingga pada akhirnya akan sulit menentukan judul yang sesuai.

3. Cari Referensi Akurat

Dalam membuat tulisan, referensi adalah hal yang sangat penting. Sebuah tulisan sebaiknya bukan hanya cepat selesai, tetapi juga menjadi tulisan yang ‘berdaging’, dengan data dan fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. Cara menulis artikel dengan cepat dan akurat bisa didapat dengan data yang tepat.

Jika sudah menemukan banyak referensi terkait tema dan judul yang akan dibuat, baca dengan cermat referensi tersebut. Beberapa poin barangkali perlu dicatat, namun pastikan tidak membuat tulisan serupa yang bisa dinilai sebagai jiplakan. Lakukan parafrase dari karya tulis lain, jika ingin membuat atau mengembangkan ide serupa.

4. Hindari Gangguan agar Fokus

Aktivitas menulis faktanya membutuhkan suatu tempat dan waktu tertentu untuk fokus. Namun, gangguan masih sering muncul, terutama jika gangguan tersebut memang berasal dari sekitar penulis.

Misalnya saja ketika sedang mencari referensi lewat internet, penulis juga menyisipkan membuka media sosial. Alih-alih mendapatkan ide menulis, waktu dan target yang ditentukan justru habis. Gangguan lain bisa juga berasal dari camilan yang sengaja disediakan. Apapun itu, pastikan komitmen dan fokus pada tujuan menyelesaikan tulisan.

5. Tidak Berhenti Menulis Sebelum Artikel Selesai

Jika semua persiapan sudah dilakukan, maka mulailah menuangkan gagasan dan jangan berhenti sebelum tulisan selesai. Jangan pula melakukan editing sembari menulis, karena hal tersebut bisa membuyarkan outline ‘maya’ yang ada di kepala. Swasunting bisa dilakukan setelah semua tulisan selesai, sekadar untuk membenahi saltik.

Tips Membuat Tulisan yang Baik

Menulis dengan cepat bukan berarti mengabaikan banyak hal dan hanya mengejar target saja. Beberapa tips ini bisa dipedomani, agar tulisan yang cepat selesai juga menjadi karya yang baik:

  • Pastikan akurat. Sebuah tulisan mengandung tanggung jawab moral dari sang penulis terhadap karyanya. Maka pastikan semua data yang ditorehkan dalam karya adalah akurat, bukan hoaks, dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Perhatikan kaidah bahasa. Menulis cepat bukan berarti mengabaikan kaidah bahasa. Sopan dan santun juga bisa menjadi ciri yang indah dari tulisan yang diunggah.
  • Hindari plagiasi. Semakin terbukanya teknologi dan informasi membuat celah untuk melakukan plagiarisme semakin lebar. Pastikan tulisan yang dibuat bukan hasil jiplakan, sebagai salah satu cara menghargai hasil karya orang lain.

Mempelajari cara menulis artikel dengan cepat, harus dibarengi dengan pengetahuan yang mendalam terkait tema yang akan dibahas. Jangan hanya demi konten, penulis mengunggah tulisan yang kontroversial dan berpotensi konflik. Apalagi, jika tidak didukung dengan data dan fakta yang akurat. Pastikan menyajikan artikel yang bukan sekadar cepat, tetapi juga akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.