Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense

By: rianda 4 min read

Cara Meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense

Semua publisher google adsense pasti menginginkan penghasilan yang tinggi. Namun, banyak hal yang harus dioptimasi agar webnya berpenghasilan tinggi. Selain traffic, CPC dan CTR menjadi faktor penentu penghasilan sebuah website yang dimonetise. Cara meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti yang akan dijelaskan di artikel ini.

Traffic sering kali menjadi fokus bagi para blogger, padahal CPC dan CTR juga tidak kalah penting tetapi justru malah dilupakan. Kenali dahulu apa itu CPC dan apa itu CTR agar tahu betapa pentingnya kedua hal ini dan mulai mengoptimasikannya.

Apa Itu CPC?

CPC atau Cost Per Click adalah harga dari sebuah klik iklan. Sederhananya, jika web yang dikelola sudah menempatkan iklan atau yang disebut adsense, maka setiap pengunjung yang meng-click iklan tersebut akan mendatangkan uang untuk pengelola web.

Sementara itu, CTR merupakan rasio seberapa sering pengunjung meng-click iklan yang tayang. Rasio ini nantinya akan dipakai untuk mengukur performa keyword, iklan, dan juga listingan di web secara keseluruhan.

Meningkatnya CPC tentu akan meningkatkan pendapatan meskipun iklan mendapatkan jumlah klik yang sama. Sebuah iklan dengan CPC $0.2, akan menghasilkan $200 untuk 1000 klik. Namun dengan klik yang sama, CPC $0.3 akan meningkat menjadi $300.

CPC sering disederhanakan sebagai biaya iklan. Menghitungnya dengan membagi biaya iklan dengan jumlah klik. Artinya jika pemilik web mengeluarkan biaya 2 juta Rupiah untuk iklan dengan 1000 klik, maka CPC iklan tersebut adalah 2 ribu Rupiah.

Apa Itu CTR?

Sementara CTR merupakan indikator kegunaan dan relevansi iklan di web. Semakin tinggi CTR, artinya pengunjung merasa iklan tersebut relevan dengan kunjungannya ke web tersebut. Maka sangat penting juga menganalisa kata kunci, meskipun bukan satu-satunya cara.

Semakin dekat kata kunci. Iklan, dan listingan terhadap bisnis di web tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan pengguna akan meng-click iklan.

CTR dihitung melalui impression sebuah kata kunci. Misalnya kata kunci ‘cara optimasi SEO’ memiliki impression 1000, dengan jumlah klik 200, maka organic CTR web tersebut adalah 5%. Semakin tinggi nilai organic CTR, tentu Google akan menganggap web tersebut adalah informasi yang paling relevan.

Bagaimana Membuat CPC dan CTR Meningkat?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan CPC dan CTR. Para pengelola web bisa melakukan beberapa cara di bawah ketika ingin meningkatkan penghasilan dari Adsense:

1. Cari Niche yang Populer

Meningkatkan CPC dan CTR bisa dilakukan dengan niche yang populer dan kompetitif.  Niche yang populer umumnya berkaitan dengan pengembangan web. Selain itu, ada juga niche kesehatan, keuangan, gaming, atau digital marketing.

Jika sebuah web memiliki niche tersebut, maka CPC akan terbayar lebih tinggi. Bukan berarti niche lain tidak penting untuk dibahas, namun effort yang dikeluarkan akan lebih melelahkan. Fokuslah menentukan niche yang memberi peluang lebih besar untuk penghasilan besar dan jangka panjang.

2. Menemukan Keyword yang Tepat

Salah satu cara meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense adalah mengupdate artikel dengan keyword yang tepat. Pastikan konten memiliki keyword yang tepat serta menguntungkan bagi web yang dibangun. Jika tujuan utama membangun web adalah untuk meningkatkan pendapatan, maka mulailah dengan membuat list keyword.

  • Riset Keyword. Kata kunci yang akan dibuat konten dapat dicari dengan riset. Jangan lagi sembarang membuat konten dan hanya asal memenuhi blog dengan konten-konten, tanpa melakukan riset keyword yang profitable. Pemilik web dengan niche yang sama pasti tidak hanya satu. Artinya, ada web milik kompetitor yang bisa dimata-matai keyword-nya. Langkah mudahnya bisa dengan mempelajari web atau blog berpenghasilan tinggi sesuai niche yang dipilih, lalu cermati setiap keywordnya. Menemukan keyword ini bisa juga menggunakan tools.
  • Volume pencarian. Ketika mencari keyword, perhatikan juga volume pencarian global. Usahakan mengambil kata kunci dengan volume 1000 hingga 2000 per bulan.
  • Kata Kunci Primer dan Sekunder. Pastikan juga menemukan kata kunci primer dan sekunder sebelum membuat konten.

3. Pasang Iklan yang Menarik

Mendapatkan penghasilan pasif dari google adsense bisa dilakukan dengan membuat Google Adsense Campaign yang menarik pengunjung. Tentu saja, iklan yang menarik bagi pengunjung adalah yang relevan dan sesuai kebutuhan pengunjung, serta match dengan keyword yang dicari.

Pengelola web bisa juga memanfaatkan perangkat jika ingin membuat kalimat yang relevan untuk iklan. Ketika membuat campaign, pastikan keyword tersebut banyak dicari di Google, lalu seberapa relevan iklan yang akan ditampilkan.

Cara meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense melalui campaign ini akan berhasil ketika tidak ada harapan palsu dari iklan yang ditampilkan. Jangan dulu fokus pada penghasilan dari iklan, melainkan tempatkan dari perspektif pelanggan atau pengunjung web, apakah akan efektif menghasilkan klik.

Selain iklan yang relevan, penempatan iklan juga akan memberikan pengaruh pada peningkatan CPC dan CTR. Penempatan iklan juga menjadi cara meningkatkan CPC dan CTR. Blok yang langsung terlihat pengunjung, misalnya di sebelah kiri atas, akan lebih baik dibandingkan dengan meletakkannya di bawah.

4. Buat Konten Berkualitas

Hal utama lainnya tentu saja dengan mengunggah konten-konten berkualitas. Banyak web mendapatkan CPC tinggi dari adsense karena konten berkualitas.

Jangan kecewakan pengunjung dengan membuat konten kualitas rendah. Selain konten yang kurang baik, konten yang berbeda dengan niche juga dapat menurunkan CTR. Selain itu, bukan tidak mungkin pelanggan meninggalkan konten ketika mendapat notifikasi konten baru, namun tidak relevan dengan niche.

5. Optimalkan Landing Pages

Pengunjung yang datang, tentu akan memperhatikan tampilan web atau blog. Maka jika landing page didesain berantakan, bisa dipastikan pengunjung akan segera meninggalkan halaman tanpa berlama-lama membaca artikelnya.

Selain membuat landing page yang user friendly, pastikan juga tampilan di dalam pencarian juga sudah mobile friendly. Ketika mencari di halaman Google, pengelola web harus mengemas sedemikian rupa tampilan webnya agar terangkum kebutuhan inti penjelajah dalam sekali baca.

Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa fitur di halaman pengelolaan web, diantaranya dengan meningkatkan meta description, meningkatkan kualitas judul, dan menggunakan fitur Structured Markup.

Berdasarkan penelitian dari Content Marketing Institute, judul pada artikel yang diunggah oleh web atau blog, sebaiknya menggunakan trik angka, karena akan meningkatkan performa organic CTR hingga 45%. Selain itu, manfaatkan juga meta description dengan panjang ideal 130 karakter. Dengan menggunakan plugin SEO, hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu, structured markup untuk menampilkan rating ketika menelusuri pencarian juga dapat dimanfaatkan. Tampilan dari structured markup ini di antaranya adalah rating, bintang review, sampai dengan harga produk yang dijual melalui web.

6. Optimasi dan Monitoring Konten

Melakukan optimasi konten menjadi kunci dalam meningkatkan CPC dan CTR. Mulai dari menggunakan keyword tertarget, gambar dengan tag alt yang sesuai konten, tautan dalam dan luar, serta optimasi lain yang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan plugin SEO.

Selain optimasi, monitoring konten secara reguler juga penting dilakukan. Hal itu karena tren baru mungkin terjadi sehingga pengelola harus meng-update kontennya agar sesuai dengan data dan informasi terbaru. Selain itu, monitoring juga perlu dilakukan, karena bisa jadi tautan yang digunakan rusak, atau gambar error.

Yang harus diwaspadai adalah untuk tidak menggunakan kata kunci yang sama berulang kali. Hal itu akan membuat web anda dianggap spam oleh crawler Google. Gunakan cara optimasi dan monitoring yang ideal untuk meningkatkan CPC dan CTR.

Setelah mengikuti cara meningkatkan CPC dan CTR Google Adsense, tentu blog atau web akan menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan, tanpa merugikan orang lain. Peningkatan CPC dan CTR bukanlah proses yang bisa dicapai semalam. Perlu perjalanan panjang, dan tentunya jangan menyerah jika belum mendapatkannya di awal membuat blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published.