Panduan Cara Membuat Artikel Pilar yang Lengkap dan Berkualitas

By: rianda 3 min read

Cara Membuat Artikel Pilar

Dalam dunia SEO, artikel pilar memiliki peran yang sangat penting. Artikel pilar digunakan sebagai andalan bagi sebuah blog atau website. Artikel ini akan menjadi penyangga atau dasar dari berbagai artikel pendukung lainnya. Sangat penting bagi penulis SEO untuk memahami cara membuat artikel pilar yang berkualitas. Mari simak penjelasan lengkap tentang panduan cara menyusun artikel pilar berikut ini!

1. Tentukan Topik Umum

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh penulis adalah menentukan topik umum. Topik ini menjadi faktor penting yang akan berpengaruh pada kualitas isi dari artikel tersebut. Artikel pilar sebaiknya memuat topik yang bersifat general dan abadi. Artinya topik tersebut bukan hanya sekadar topik yang sedang hangat namun hanya sementara.

Artikel pilar ini akan digunakan sebagai konten andalan bagi sebuah website. Oleh sebab itu dibutuhkan topik umum yang tepat dan memang akan selalu dibutuhkan oleh pembaca. Ini menjadi karakteristik penting bagi sebuah artikel pilar yang membuat jenis artikel ini kemudian mendapatkan lebih banyak traffic dan komentar.

Saat menentukan topik artikel pilar, penulis juga bisa mulai mendapatkan gambaran seperti apa artikel pendukung yang akan dibuat selanjutnya. Ini bisa menjadi sebuah kerangka berpikir yang sangat baik untuk menghasilkan konten website berkualitas. Jika artikel pilarnya memiliki tema yang menarik, maka artikel pendukung lainnya juga pasti akan mudah menarik perhatian pembaca.

2. Kumpulkan Referensi

Setelah menentukan topik, segera kumpulkan referensi sebanyak mungkin. Referensi ini sangat penting untuk diseleksi secara teliti. Gunakan referensi yang relevan dan terpercaya. Penulis dapat menghasilkan karya tulisan yang bagus dan berkualitas jika referensi yang digunakan juga tepat. Oleh sebab itu temukan referensi yang memang bermutu dalam penulisan artikel pilar.

Sebelum mengumpulkan referensi, lakukan riset terlebih dahulu terkait topik yang akan ditulis. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar penulis bisa memahami topik artikel pilar tersebut lebih jauh lagi. Pemahaman yang baik mengenai topik tulisan akan membantu penulis menghasilkan artikel yang berkualitas dan meminimalkan risiko plagiarisme.

3. Tulis dengan Kaidah SEO

Pastikan untuk menulis artikel pilar dengan kaidah SEO yang tentunya harus sudah dipahami terlebih dahulu oleh penulis. Artikel ini sebaiknya ditulis secara natural agar nyaman untuk dibaca oleh orang lain. Apalagi jenis artikel pilar ini cukup panjang sehingga akan terasa membosankan dan sulit dipahami apabila penulis tidak menggunakan teknik penulisan yang tepat.

Salah satu cara membuat artikel pilar yang baik adalah dengan memperhatikan posisi keyword dalam artikel. Pastikan keyword masuk ke dalam artikel secara natural dan diperhatikan penyebarannya. Meskipun penulis harus memperhatikan aturan SEO, namun pastikan untuk tetap mempertimbangkan faktor pembaca agar artikel tersebut bisa mendapatkan lebih banyak traffic.

4. Sertakan Internal Link

Selanjutnya penulis bisa menyertakan internal link di dalam artikel pilar. Internal link ini merupakan salah satu aspek yang penting yang perlu dipahami penulis. Artikel pilar akan digunakan sebagai konten andalan sebuah website. Oleh sebab itu perlu dicantumkan banyak internal link agar bisa membantu peningkatan authority dari artikel lainnya.

Lalu muncul pertanyaan apakah eksternal link juga diperlukan? Penulis bisa saja menyertakan eksternal link dimana link ini akan menuju website lain. Namun, penggunaan eksternal link ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Pastikan bahwa website yang memiliki link tersebut punya authority yang juga tinggi sehingga akan membantu mendongkrak performa website.

5. Tambahkan Infografik

Membahas tentang cara membuat artikel pilar tidak hanya terbatas pada teknik penulisan tapi juga pada cara mengemas artikel itu sendiri. Jauh lebih baik jika artikel pilar dilengkapi dengan infografik. Infografik ini akan membantu artikel tersebut tidak terasa membosankan bagi pembaca karena tidak hanya berisikan tulisan yang panjang.

Infografik merupakan poin-poin utama yang termuat dalam artikel. Selain infografik, penulis juga bisa menambahkan gambar-gambar pendukung di dalamnya. Ini akan sangat membantu meningkatkan visual artikel sehingga jauh lebih menarik di mata pembaca. Selain itu gambar juga bisa membantu mempermudah pembaca dalam memahami isi artikel, khususnya untuk jenis gambar ilustrasi.

6. Gunakan Kalimat Efektif

Penting sekali bagi penulis untuk memahami seperti apa cara memilih kalimat efektif dalam sebuah artikel. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele. Pilih kalimat yang singkat dan tepat sasaran agar pembaca merasa lebih nyaman. Baca ulang kalimat yang sudah dibuat agar bisa menilai apakah kalimat tersebut memang efektif atau tidak.

Artikel pilar memiliki jumlah kata yang cukup banyak. Jika susunan kalimatnya tidak dibuat secara efektif maka pembaca akan mudah merasa bosan. Selain itu pembaca juga mudah merasa bingung dengan topik atau inti informasi yang ingin disampaikan jika kalimatnya bertele-tele.

7. Gunakan Heading dan Format yang Benar

Memiliki jumlah kata yang banyak dan cukup panjang, artikel pilar akan jauh lebih menarik jika disusun dengan heading. Terapkan sistem heading dalam penulisan artikel pilar sehingga pembaca lebih mudah memahami isi artikel. Heading ini akan membagi tulisan ke dalam sub tema yang mudah untuk dipahami. Selain itu heading juga akan mempermudah pembaca untuk menemukan bagian yang ingin dipelajari lebih lanjut.

Perlu diketahui bahwa heading ini juga ikut berpengaruh dari segi SEO. Efektivitas artikel dengan heading jauh lebih baik daripada artikel tanpa heading. Heading akan meningkatkan performa artikel tersebut di mata mesin pencari Google. Oleh sebab itu, pastikan untuk menambahkan heading demi susunan atau format yang lebih baik dan efektivitas SEO yang optimal.

8. Buatlah Selengkap Mungkin

Artikel pilar akan menjadi sebuah dasar atau penyangga, jadi pastikan isinya lengkap. Buatlah artikel pilar dengan isi atau konten selengkap mungkin. Semakin lengkap informasi yang disajikan dalam artikel tersebut maka akan semakin baik. Apalagi jenis artikel ini akan dijadikan sebagai acuan bagi artikel-artikel pendukung lainnya, jadi akan jauh lebih baik jika isinya lengkap.

Salah satu alasan artikel pilar ini menjadi andalan bagi sebuah website adalah karena banyak pembaca menyukai artikel tersebut. Banyak pembaca membutuhkan artikel pilar karena kelengkapan isinya. Jadi sebisa mungkin masukkan informasi yang lengkap sehingga pembaca bisa mendapatkan poin-poinnya secara menyeluruh.

Salah satu cara membuat artikel pilar yang lengkap adalah dengan menyusun kerangka terlebih dahulu. Buatlah kerangka atau outline penulisan sehingga bisa dilihat dulu apakah dari kerangka tersebut informasinya sudah cukup lengkap atau belum. Kerangka ini memuat poin-poin utama yang ingin disampaikan sehingga bisa dilihat sekilas kelengkapan isinya.

Setelah memahami teori cara membuat artikel pilar yang lengkap dan berkualitas, penulis bisa segera mempraktikkannya. Tulislah artikel pilar dengan tema yang menarik dan buatlah selengkap mungkin. Perhatikan pilihan kata serta susunan kalimatnya dan pastikan bahwa artikel pilar ini layak untuk dijadikan sebagai referensi bagi artikel-artikel pendukung lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.