Apa Itu Artikel Pilar? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

By: rianda 3 min read

Apa Itu Artikel Pilar

Ada berbagai jenis artikel yang bisa kita temui saat ini dan salah satunya adalah artikel pilar. Para penulis yang sering bergelut dengan konten SEO mungkin sudah paham betul apa itu artikel pilar. Jenis artikel ini memang sangat sering ditemui di sebuah blog maupun website dan dijadikan sebagai konten andalan. Mari berkenalan lebih jauh tentang jenis artikel yang satu ini!

Pengertian

Mari pahami arti artikel pilar dari namanya. Pilar itu sendiri merupakan penyangga. Artinya artikel ini akan menjadi sebuah penyangga atau dasar dari artikel lainnya yang akan dibuat. Sebagai penyangga, artikel ini akan dibuat cukup panjang dan tentu saja isinya lengkap. Informasi yang disajikan juga cukup detail karena nantinya akan menjadi dasar dari penulisan artikel-artikel yang lain.

Di dunia blogging, artikel pilar ini disebut juga sebagai killer post atau link-bait post. Ada juga yang menyebutnya sebagai artikel utama. Pada dasarnya semua itu mengarah pada pengertian artikel pilar sebagai artikel utama atau artikel yang akan menjadi sebuah dasar. Nantinya artikel pilar ini akan menjadi sumber munculnya artikel-artikel pendukung lain.

Ciri-Ciri Artikel Pilar

Setelah memahami apa itu artikel pilar, mari kenali seperti apa ciri-cirinya. Sama seperti jenis artikel lain, artikel pilar juga memiliki ciri khas tersendiri. Pemahaman mengenai ciri-ciri artikel pilar ini sangat penting bagi seorang penulis. Berikut adalah beberapa ciri dari artikel pilar:

1. Panjang

Jenis artikel ini biasanya memiliki bentuk yang lebih panjang daripada artikel lainnya. Umumnya jumlah kata untuk artikel pilar adalah 1500 sampai 3000 kata. Namun penting untuk diketahui bahwa bukan berarti semakin panjang artikel pilar maka akan semakin lengkap dan bagus kualitasnya. Jumlah kata tetap harus dibatasi agar artikel ini dapat menampilkan informasi yang berkualitas dengan porsi tepat.

2. Kontennya Abadi

Artikel pilar umumnya memiliki tipe konten yang bersifat abadi. Artinya, tulisan yang disajikan bukan hanya konten dengan topik yang hangat untuk sementara waktu. Topik yang diangkat bersifat general sehingga membuat konten tersebut relevan untuk dibaca kapan saja. Bahkan tipe artikel ini cenderung akan selalu dibutuhkan kapanpun tanpa mengenal waktu.

Inilah alasan mengapa artikel pilar seringkali dijadikan sebagai konten andalan pada sebuah website. Biasanya artikel ini akan mendapatkan jumlah pembaca yang banyak dan menerima banyak komentar. Di dunia blogging, artikel pilar ini akan menggambarkan keahlian penulis sesuai dengan bidang yang ditekuni melalui blog tersebut.

3. Orisinal

Tentu saja artikel pilar harus bersifat orisinal. Sebagai artikel penyangga atau dasar dari artikel pendukung lainnya, tulisan ini harus punya sisi orisinal dan unik. Oleh sebab itu penulis sebaiknya memperhatikan dengan baik pembuatan artikel pilar dan memastikan bahwa konten tulisan yang dibuat memang benar-benar unik.

Artikel pilar memiliki tipe konten yang bersifat general dan abadi, jadi sebenarnya cukup sulit untuk membuatnya terlihat unik atau berbeda. Penulis bisa mengakalinya dengan menonjolkan gaya tulisan pribadi yang biasa digunakan. Melalui artikel pilar tersebut, penulis bisa memberi identitas lain melalui gaya penulisan yang berbeda.

4. Detail dan Lengkap

Sebagai penyangga atau dasar, tentu saja artikel pilar ini harus bersifat detail dan lengkap. Artikel pilar ini nantinya akan menjadi acuan untuk menulis artikel pendukung lainnya. Oleh sebab itu secara otomatis isi dari artikel pilar harus lengkap dan detail. Pembaca harus bisa mendapatkan informasi yang lengkap lewat satu artikel ini dan mendapatkan informasi tambahan lainnya melalui artikel pendukung.

5. Layak Dijadikan Referensi

Sehubungan dengan cirinya yang detail dan lengkap, artikel pilar ini layak untuk dijadikan sebagai referensi. Itulah mengapa jenis artikel ini akan mendapatkan jumlah akses yang lebih banyak di sebuah laman website. Penulis sebaiknya paham bahwa artikel pilar ini bisa dijadikan referensi untuk berbagai jenis artikel pendukung sehingga penulisannya harus dilakukan sebaik mungkin.

Fungsi Artikel Pilar

Agar bisa lebih memahami apa itu artikel pilar, maka penting juga untuk mengenali fungsi dari artikel ini. Setiap jenis artikel dibuat untuk tujuan dan fungsi tertentu, begitu juga dengan artikel pilar. Berikut adalah beberapa fungsi dari artikel pilar:

1. Meningkatkan Popularitas Blog

Artikel pilar akan membantu meningkatkan popularitas blog dengan sangat efektif. Jenis artikel ini akan menarik jumlah visitor yang lebih banyak daripada artikel-artikel lainnya. Kelengkapan isi informasi yang disampaikan pada artikel pilar membuatnya lebih banyak diakses. Semakin bagus isi artikel pilar tersebut maka akan semakin banyak visitor dan popularitas blog atau website jelas akan meningkat.

2. Meningkatkan Performa di Google

Dengan adanya konten berupa artikel pilar, maka Google akan semakin percaya dengan laman website atau blog tersebut. Artikel ini dapat meningkatkan performa sebuah website atau blog di mata mesin pencari Google. Tak heran jika artikel pilar selalu dijadikan sebagai andalan oleh para blogger. Artikel ini dapat membuat sebuah blog atau website dianggap lebih kompeten karena memiliki performa yang bagus di mata Google.

3. Memperkuat Kepercayaan Pembaca

Artikel pilar akan menarik lebih banyak jumlah visitor organik dan meningkatkan performa di mata Google. Jika hal tersebut terjadi maka kepercayaan pembaca terhadap sebuah website atau blog juga akan meningkat. Kredibilitas dari blog atau website tersebut akan bertambah kuat dan membuat jumlah visitor juga pasti akan bertambah banyak.

Bagi seorang pengelola website atau blog, mendapatkan kredibilitas yang kuat dari pembaca bukanlah hal yang mudah. Artikel pilar ini bisa menjadi salah satu solusi karena memang terbukti efektif dalam merebut kepercayaan pembaca. Asalkan artikel pilar tersebut dibuat dengan kualitas penulisan yang bagus dan memiliki isi konten yang bermanfaat sehingga memang dibutuhkan oleh para pembaca.

4. Memberikan Kekuatan Website

Telah disebutkan sebelumnya bahwa artikel pilar biasanya menjadi andalan bagi sebuah website. Artikel ini memang diketahui punya fungsi untuk memberikan kekuatan website. Melalui artikel pilar ini, sebuah website bisa mendapatkan lebih banyak visitor dan komentar. Selain itu artikel pilar juga akan menjadi sebuah alasan website tersebut dipercaya oleh banyak orang.

5. Menjadi Referensi bagi Artikel Lain

Dilihat dari pemahaman tentang apa itu artikel pilar sebenarnya mudah saja untuk mengetahui fungsinya sebagai acuan pembuatan artikel lain. Artikel ini akan menjadi referensi bagi artikel lain. Penulis bisa membuat artikel pendukung lewat informasi yang disajikan artikel pilar. Nantinya bagian yang ingin dikembangkan atau dibahas lewat artikel pendukung ini bisa dibuat lebih detail lagi.

Setelah paham apa itu artikel pilar melalui ciri dan fungsinya, maka penulis bisa mulai membuat artikel ini dengan kualitas yang baik. Artikel pilar akan memegang peran penting bagi sebuah website. Penulis sebaiknya memilih tema yang tepat dan menyusun konten tulisan dengan cermat agar artikel ini benar-benar bisa memiliki kualitas yang memuaskan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.